SYAHRUL RAMADHON (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM MENTORING AL-ISLAM BAGI RESIDEN TAHUN AKADEMIK 2012-2013 DI UNIVERSITY RESIDEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (75kB)
Bab I.pdf
Download (247kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “efektivitas program mentoring al islam bagi
residen tahun akademik 2012-2013 di university residence universitas
Muhammadiyah Yogyakarta”. Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya
adalah untuk mengetahui tingkat perbedaan pengetahuan al Islam residen antara
sebelum dan sesudah program UNIRES, selain itu adalah tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat perbedaan pengetahuan residen putra dan putri
antara sebelum dan sesudah mengikuti program UNIRES, dan juga untuk
mengetahui tingkat efektivitas program mentoring al Islam di UNIRES. Penelitian
ini penting dilakukan karena mengingat UNIRES sebagai lembaga yang memiliki
visi dan misi yang jelas tentunya UNIRES telah menentukan standar penilaian
tentang keberhasilan program tersebut, sehingga untuk mengetahui tingkat
pencapaian visi dan misi tersebut perlu diadakan penelitian tentang efektivitas
program mentoring al Islam yang merupakan salah satu metode yang digunakan
UNIRES untuk mencapai visi dan misi tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi
dari kenyataan yang ada bahwa pada kehidupan keseharian masih banyak residen
yang belum bisa menerapkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari, hal
tersebut bisa dilihat dari banyaknya residen yang masih suka berboncengan
dengan lawan jenis, dan masih banyak juga residen putri yang masih mengenakan
pakaian yang tidak Islami. Permasalahan lain adalah masih banyak didapati
residen yang belum bisa menggunakan bahasa Arab atau Inggris dalam
percakapan sehari-hari, selain itu masih sedikit sekali residen yang bisa
menterjemahkan ayat-ayat al-quran baik perkata maupun secara global padahal di
UNIRES ada program tarjamah ayat-ayat al quran. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif, dengan mengambil studi kasus di UNIRES Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan model evaluasi
yang peneliti pilih dalam penilitian ini adalah model evaluasi CIPP (Context,
Input, Process and Product) karena objek penelitian yang tidak hanya pada hasil
semata tetapi juga mencakup konteks, masukan, proses maupun hasil. Hasil
analisis menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan residen antara sebelum dan
sesudah mengikuti program mentoring di UNIRES. Nilai perbedaan kemampuan
membaca al Quran residen putri lebih tinggi jika dibandingkan dengan residen
putra antara sebelum dan sesudah mengikuti program di UNIRES dengan
peningkatan sebesar 11,27 poin dalam kemampuan membaca al Quran,
sedangakan 8,26 poin untuk residen putra, akan tetapi terjadi penurunan sebesar
2,33 poin untuk residen putra dan 3,74 untuk residen putri dalam kemampuan
pengetahuan al Islam, perbedaan nilai tersebut dipengaruhi oleh tingkat
kemampuan residen dalam menangkap materi yang telah disampaikan oleh para
mentor selain itu faktor yang lain adalah keaktifan para residen dalam mengikuti
program-prorgram yang telah ditetapkan oleh UNIRES, selain itu hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa secara umum program mentoring cukup efektif untuk
meningkatkan kemampuan residen tentang al Islam dan al Quran
Kata Kunci: evektifitas, evaluasi, al Islam, al Quran, residen,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS EVALUASI AL-ISLAM AL-QUR'AN RESIDEN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14132 |