KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 160CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM -ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 15%

ACHMAD JUMALUDIN (2014) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 160CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM -ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 15%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (117kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (23kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Bahan bakar alternatif yang berpotensi digunakan sebagai bahan bakar adalah etanol. Penggunaan etanol tidak dapat langsung diaplikasikan pada mesin kendaraan, namun dapat dengan cara mencampur etanol dengan bahan bakar lain seperti premium. Apabila campuran bahan bakar premium dan etanol komposisinya tepat, serta pengapian yang baik, maka akan memberikan hasil pembakaran yang maksimal pada mesin kendaraan.
Metode penelitian ini menggunakan motor standar dengan variasi bahan bakar, CDI dan timing pengapian. CDI adalah sistem pengapian pada mesin pembakaran dengan memanfaatkan energi yang disimpan di dalam kapasitor yang digunakan untuk menghasilkan tengangan tinggi ke koil pengapian sehingga dengan output tegangan tinggi koil akan menghasilkan api di busi. Timing pengapian adalah waktu busi memantikan api pada waktu piston sebelum TMA di langkah kompresi. Data yang didapat dari penelitian ini adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar ( ). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dynamometer dan pengambilan data dengan metode throttle spontan adalah throttle secara spontan mulai dari 3000-10.000 rpm, metode ini digunakan untuk pengambilan data daya dan torsi. Sedangkan metode throttle per rpm yaitu dimulai dari putaran 3000-10.000 rpm, dengan kenaikan 1000 rpm pada setiap pengujian untuk pengambilan data konsumsi bahan bakar ( ).
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, didapat bahwa torsi dan daya mesin tertinggi dihasilkan dari CDI racing dengan timing optimum sedangkan posisi terendah dari hasil pengujian torsi dan daya dihasilkan dari CDI racing dengan timing standar. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar terlihat bahwa pada bahan bakar yang telah dicampur etanol lebih boros dibanding bahan bakar premium murni karena semakin besar torsi dan daya yang dihasilkan juga berbanding lurus dengan jumlah konsumsi bahan bakar.

Kata Kunci: Campuran bahan bakar etanol 15% volume, variasi timing pengapian Pengapian, torsi (T), daya (P), konsumsi bahan bakar ( ).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CAMPURAN BAHAN BAKAR ETANOL 15% VOLUME VARIASI TIMING PENGAPIAN PENGAPIAN , TORSI (T) DAYA (P) KONSUMSI HABAN BAKAR (MF).
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:38
Last Modified: 23 Jun 2022 07:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item
View Item