JAKA PRAYITNA (2014) METODE PEMBINAAN AKHLAK MULAI BAGI PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembinaan akhlak mulia di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, faktor pendukung dan penghambat serta implikasi pembinaan akhlak mulia terhadap perilaku siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.Penelitian menggunakan pendekatan “studi kasus”, dengan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif-analitik.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak mulia di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dilakukan dengan tiga tahapan yaitu moral kowing, moral loving, dan moral doing. (2) Faktor penunjang dalam pembinn akhlak di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin meliputi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin telah memiliki sistem pembinaan akhlak yang jelas, pembinaan akhlak mendapatkan porsi penting, lingkungan sekolah kondusif, mata pelajaran agama jumlahnya banyak, kurikulum 2013 yang mendukung, serta daya dukung pemerintah dan orang tua untuk pembinaan karakter. Adapun faktor penghambatnya antara lain jumlah guru yang terbatas, tugas pokok dan fungsi guru pembimbing yang belum menjalankan tugasnya secara maksimal, pengaruh dari media massa, lingkungan dan teman sebaya yang tidak sesuai dengan pembinaan akhlak mulia. (3) Pembinaan akhlak mulia di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin memiliki implikasi positif bagi perilaku akhlak mulia peserta didik pada tiga hal yaitu tertib ibadah, kepatuhan anak kepada tata tertib, dan perkembangan akhlak mulia.
Key Word : metode, pembiaan akhlak,
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE PEMBINAAN AKHLAK |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:03 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14163 |