PENGARUH KONSENTERASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK REMBUNG DAN TAUGE TERHADAP PERTUMBUHAN TUNAS DAN HASIL BAWANG MERAH ( ALLIUM ASCALONICUM L )

ANNISA ADELIA NUR RAHMAWATI (2014) PENGARUH KONSENTERASI DAN LAMA PERENDAMAN EKSTRAK REMBUNG DAN TAUGE TERHADAP PERTUMBUHAN TUNAS DAN HASIL BAWANG MERAH ( ALLIUM ASCALONICUM L ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh konsentrasi dan lama perendaman ekstrak rebung dan ekstrak kecambah kacang hijau (tauge) yang tepat, guna mempercepat pertumbuhan tunas dan meningkatkan hasil bawang merah. Penelitian ini dilakukan di lahan percobaan Fakultas Pertanian UMY, yang dilaksanakan bulan Juli hingga September 2013.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap , faktor tunggal , yang terdiri dari 10 perlakuan , yakni esktrak rebung bambu konsentrasi 1000 g/L, dan 2000 g/L , dengan lama perendaman 1 jam dan 2 jam, ekstrak kecambah kacang hijau konsenstrasi 100 g/L dan 200 g/L, dengan lama perendaman 15 menit dan 30 menit, GA3 0,1 g/L dengan lama perendaman 30 menit dan kontrol (tanpa perendaman). Setiap perlakuan, diulang sebanyak 3 kali.
Perlakuan dengan GA3 0,1 g/L, dengan lama perendaman 30 menit menunjukkan hasil terbaik untuk memacu pertumbuhan tunas bawang merah. Perlakuan dengan ekstrak kecambah kacang hijau (tauge) konsentrasi 200 g/L, dengan lama perendaman 15 dan 30 menit, memberikan pertumbuhan dan hasil bawang merah cenderung lebih tinggi.
Kata kunci : konsentrasi, lama perendaman, ekstrak rebung, ekstrak kecambah kacang hijau, pertumbuhan tunas, hasil , Allium ascalonicum L.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SETERILISASI DAN INDUKSI TUNAS TIN ( FICUS CARICA L ) SECARA IN VITRO PADA MEDIUM MS - GA3 DENGAN PENAMBAHAN BABA DAN NA
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:52
Last Modified: 23 Jun 2022 06:52
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14170

Actions (login required)

View Item
View Item