PERAN GURU ISMUBA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

WAHYU BUDI NUGROHO (2014) PERAN GURU ISMUBA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada siswa, peran guru ISMUBA dalam pembentukan karakter siswa dan strategi pembelajaran ISMUBA dalam pembentukan karakter siswa khususnya kelas IX di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan subyek penelitian guru ISMUBA. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif ini digunakan untuk menghasilkan data deskripstif berupa wawancara dan observasi dari pihak-pihak yang diwawancarai dan diamati.
Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang telah ditanamkan oleh guru ISMUBA SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tersebut sudah sesuai dengan SKL SMP/MTS/SMPLB/Paket B yang ditetapkan oleh pemerintah walaupun belum sepenuhnya. Kelima peran (keteladanan, inspirator, motivator, dinamisator, evaluator) memang sudah dilakukan oleh semua guru ISMUBA di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, namun yang masih menjadi kendala disini adalah setiap guru tidak melakukan lima peran tersebut. Ada guru yang hanya melakukan perannya sebagai teladan dan inspirator, ada guru yang hanya sebagai motivator. Artinya lima peran tersebut belum dapat diterapkan dengan baik pada masing-masing guru. Untuk strategi yang digunakan dalam membentuk karakter siswa diantaranya active learning, jigsaw, cooperative learning, dan dengan game-game yang menarik.
Kata kunci: peran, guru, ISMUBA, pendidikan karakter, pembentukan karakter

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN GURU ISMUBA PENDIDIKAN KARAKTER PEMBENTUKAN KARAKTER
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:40
Last Modified: 23 Jun 2022 05:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14198

Actions (login required)

View Item
View Item