VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD N BINTARAN BANTUL

TRI YULI ASTUTI (2014) VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD N BINTARAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (149kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen. Penelitian ini mengambil data dari SD N Bintaran Bantul. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas logis yang meliputi : validitas isi dan validitas konstruksi, untuk mengetahui validitas item yang meliputi : uji validitas item, uji derajat kesukaran item, uji daya pembeda item, uji fungsi distraktor, untuk mengetahui reliabilitas tes bentuk objektif dan tes bentuk subjektif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD N Bintaran Bantultahun ajaran 2013/2014.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis datanya dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis secara kuantitatif untuk mengetahui validitas item (yang meliputi : uji validitas item, uji derajat kesukarang item, uji daya pembeda item, uji fungsi distraktor) dan reliabilitas tes, dilakukan secara manual. Analisis secara kualitatif untuk mengetahui validitas logis yang meliputi : validitas isi dan validitas konstruksi dilakukan dengan menggunakan format penelaahan soal yang dilakukan oleh peneliti sesuai kemampuan peneliti.

Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa untuk tes bentuk objektif, 23% valid dan 77% invalid, 43% termasuk dalam kategori item yang baik dan 57% termasuk dalam kategori item yang jelek baik karena terlalu sukar maupun karena terlalu mudah, 53% sudah memiliki daya pembeda yang memadai dan 47% tidak/ belum memiliki daya pembeda item seperti yang diharapkan, 30% sudah efektif distraktornya dan 70% masih mempunyai option yang belum dapat menjalankan fungsinya seperti yang diharapkan dan memiliki reliabilitas yang rendah. Untuk tes bentuk subjektif, 80% valid dan 20% invalid, 40% termasuk dalam kategori item yang baik dan 60% termasuk dalam kategori item yang jelek baik karena terlalu sukar maupun karena terlalu mudah, 60% sudah memiliki daya pembeda yang memadai dan 40% tidak/ belum memiliki daya pembeda item seperti yang diharapkan dan memiliki reliabilitas yang rendah. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa untuk tes bentuk objektif sebesar 23% tidak memiliki validitas logis ditinjau dari segi materi dan konstruksi, sebesar 77% sudah memiliki validitas logis. Pada tes bentuk subjektif semua soal belum memiliki validitas logis ditinjau dari segi konstruksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Test Validity and Reliability
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:45
Last Modified: 08 May 2024 08:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item
View Item