TRI YULI ASTUTI (2014) VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V DI SD N BINTARAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.docx
Download (149kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab I.docx
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (23kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Lampiran.docx
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen. Penelitian ini mengambil data dari SD N Bintaran Bantul. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas logis yang meliputi : validitas isi dan validitas konstruksi, untuk mengetahui validitas item yang meliputi : uji validitas item, uji derajat kesukaran item, uji daya pembeda item, uji fungsi distraktor, untuk mengetahui reliabilitas tes bentuk objektif dan tes bentuk subjektif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD N Bintaran Bantultahun ajaran 2013/2014.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis datanya dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis secara kuantitatif untuk mengetahui validitas item (yang meliputi : uji validitas item, uji derajat kesukarang item, uji daya pembeda item, uji fungsi distraktor) dan reliabilitas tes, dilakukan secara manual. Analisis secara kualitatif untuk mengetahui validitas logis yang meliputi : validitas isi dan validitas konstruksi dilakukan dengan menggunakan format penelaahan soal yang dilakukan oleh peneliti sesuai kemampuan peneliti.
Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa untuk tes bentuk objektif, 23% valid dan 77% invalid, 43% termasuk dalam kategori item yang baik dan 57% termasuk dalam kategori item yang jelek baik karena terlalu sukar maupun karena terlalu mudah, 53% sudah memiliki daya pembeda yang memadai dan 47% tidak/ belum memiliki daya pembeda item seperti yang diharapkan, 30% sudah efektif distraktornya dan 70% masih mempunyai option yang belum dapat menjalankan fungsinya seperti yang diharapkan dan memiliki reliabilitas yang rendah. Untuk tes bentuk subjektif, 80% valid dan 20% invalid, 40% termasuk dalam kategori item yang baik dan 60% termasuk dalam kategori item yang jelek baik karena terlalu sukar maupun karena terlalu mudah, 60% sudah memiliki daya pembeda yang memadai dan 40% tidak/ belum memiliki daya pembeda item seperti yang diharapkan dan memiliki reliabilitas yang rendah. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa untuk tes bentuk objektif sebesar 23% tidak memiliki validitas logis ditinjau dari segi materi dan konstruksi, sebesar 77% sudah memiliki validitas logis. Pada tes bentuk subjektif semua soal belum memiliki validitas logis ditinjau dari segi konstruksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Test Validity and Reliability |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 06:45 |
Last Modified: | 08 May 2024 08:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14202 |