PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI.

EMI RATNA SARI (2014) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan dan prestasi siswa hasil
pembelajaran Fiqih kelas VIII A MTs Muhammadiyah Wonosari sangat rendah.
Hal ini terjadi sebagai akibat dari pembelajaran yang kurang menarik dan
membosankan. Guru sebenarnya telah menerapkan metode everyone is a teacher
here, namun tidak dapat diterapkan secara efektif dan maksimal. Siswa justru
kebingungan dan kesulitan. Karena metode everyone is a teacher here ini hanya
berlangsung di akhir pembelajaran saja. Di awal dan saat inti pembelajaran, guru
menjelaskan materi dengan ceramah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
Fiqih dengan menerapkan problem based learning (PBL). Pelaksanaan tindakan
selama 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Untuk mengumpulkan
data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara ,tes dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Muhammadiyah Wonosari
yang berjumlah 27 orang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih.
Baik keaktifan maupun prestasi belajar siswa meningkat secara bertahap. Pada
siklus 1, keaktifan siswa mencapai 47,69 %, siklus 2 meningkat menjadi 67,60 %
dan meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 82,18. Karena keaktifan siswa dalam
pembelajaran semakin baik, maka prestasi siswapun juga baik. Hal ini terbukti
dari perolehan persentase keberhasilan/kelulusan siswa. Persentase keberhasilan
pada siklus 1 pertemuan kedua hanya 51,85 %, kemudian meningkat pada siklus 2
pertemuan kedua menjadi 74.07 % setelah diterapkan PBL pada pertemuan kedua
siklus 3 prestasi belajar siswa meningkat menjadi 96.30 %. Ini membuktikan
bahwa PBL dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci : Keaktifan, Prestasi Belajar, Problem Based Learning, Fiqih

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEAKTIFAN PRESTASI BELAJAR PROBLEMA BASED LEARNING FIQIH
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:47
Last Modified: 24 Jun 2022 06:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14203

Actions (login required)

View Item
View Item