PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) NON PERFORMING LOAN (NPL), BEBAN OPERASIONAL/ PENDAPATAN OPERASIONAL (BOKO), DAN LDR TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERBANKAN YANG TERDAHTAR DI BEI

SITI FATONAH (2014) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) NON PERFORMING LOAN (NPL), BEBAN OPERASIONAL/ PENDAPATAN OPERASIONAL (BOKO), DAN LDR TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERBANKAN YANG TERDAHTAR DI BEI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CAR, NPL, BOPO dan LDR terhadap Pertumbuhan Laba pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005-2012. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Annual Report publikasi dari website BEI dan website masing-masing bank yang bersangkutan periode 2005-2012. Sampel sebanyak 19 perbankan diambil melalui purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis yang sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel NPL berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, variabel LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, variabel CAR berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dan variabel BOPO berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Variabel CAR, NPL, BOPO dan LDR bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Sedangkan R square sebesar 0,151 atau 15,1%, menunjukkan bahwa variabel independen yaitu CAR, NPL, BOPO dan LDR dapat menjelaskan variabel dependen yaitu Pertumbuhan Laba sebesar 15,1%. Sedangkan sisanya sebesar 84,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi pada penelitian ini.
Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Beban Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Pertumbuhan Laba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: 42 CAR, NPL, BOPO, LDR PERTUMBUHAN LABA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:31
Last Modified: 24 Jun 2022 06:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item
View Item