METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GADING IX

GALUH MEGA RATNA (2014) METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GADING IX. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (90kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gading IX, kedua untuk mengetahui apa saja faktor penghambat pelaksanaan metode bermain peran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gading IX, ketiga untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan metode bermain peran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gading IX. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Gading IX didasarkan pada perkembangan koknitif, emosi, sosial, moral dan perkembangan agama. Pelaksanaannya melalui 3 tahap, yaitu : mulai dari persiapan, penentuan pemeran dan pementasan. 2) Faktor penghambat pelaksanaan metode bermain peran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gading IX dari keadaan murid, dari segi fasilitas dan dari segi keadaan emosi anak.

Kata Kunci : Metode, Bermain Peran, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Taman Kanak-kanak, Aisyiyah Bustanul Athfal

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: METODE BAERMAIN PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:30
Last Modified: 23 Jun 2022 03:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14265

Actions (login required)

View Item
View Item