PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BULIK KABUPATEN LAMANDAU KALIMANTAN TENGAH

ARDITA (2014) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BULIK KABUPATEN LAMANDAU KALIMANTAN TENGAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bulik. Selain itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui program pendidikan agama Islam dalam peningkatan akhlak siswa. Serta mengetahui hasil yang dicapai Guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan akhlak siswa. Populasi penelitian ini adalah Guru Madrasah Aliyah Negeri bulik seabnyak 3 guru dan 1 kepala sekolah. Pengambilan sempel dilakukan dengan memilih guru yang berlatar Pendidikan Agama Islam serta menagajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan pengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu program PAI yang ada di MAN Bulik ini meliputi: 1) Sholat berjamaah 2) Belajar iqra 3) Tadarus 4) Menyelenggarakan hari besar Islam 5) Pondok ramadhan. Adapun peran yang dilakukan guru PAI meliputi guru sebagai pembimbing, guru sebagai figur, guru sebagai penasehat, guru sebagai motivator. Selain itu metode yang digunakan guru PAI dalam peningkatan akhlak diantaranya metode cerita, metode keteladanan, metode latihan dan pembiasaan, metode demonstrasi, metode ganjaran dan hukuman. Sedangkan hasil yang dicapai dalam program peningkatan akhlak tersebut yaitu siswa menjadi berakhlak baik setelah dilaksanakan program-program PAI.

Kata Kunci : Akhlak, Peran guru, Peningkatan Akhlak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: AKHLAK PERAN GURU PENINGKATAN AKHLAK
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:33
Last Modified: 23 Jun 2022 03:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14267

Actions (login required)

View Item
View Item