ANALISIS MASALAH BELAJAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

ALIF CAHYO AJI (2014) ANALISIS MASALAH BELAJAR SISWA MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap masalah belajar apa saja yang dihadapi siswa MTs Muhammadiyah Kasihan Bantul Yogyakarta, dan juga ingin mengetahui sejauh mana peran guru dalam menangani masalah belajar tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik pengumpulan data utama dari wawancara, sedangkan obserfasi dan dokumentasi sebagai tambahan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang menggunakan model spradley yaitu teknik analisa data yang disesuaikan dengan tahapan penelitian.
Hasil penelitian ini adalah bahwa masih ada beberapa siswa yang mengalami masalah belajar. Masalah-masalah tersebut adalah: 1. Motivasi belajar; 2. Kosentrasi belajar; 3. Pemahaman materi; dan 4. Metode mengajar guru. Dalam penangannya selama ini, guru-guru melakukan berbagai cara di antaranya: 1. Memberikan jam pelajaran tambahan; 2. Memberikan peringatan atau hukuman; 3. Menggunakan metode yang kreatif; dan 4. Memberikan tugas tambahan. Namun penanganan yang dilakukan selama ini belumlah maksimal dilihat dari masih banyaknya siswa yang mengalami masalah belajar.
Key-words: masalah belajar, siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: MASALAH BELAJAR SISAWA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:01
Last Modified: 24 Jun 2022 04:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item
View Item