ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN AIR BERSIH DAN FORMULASI STRATEGI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SLEMAN

WAHYU ABDULLAH (2014) ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN AIR BERSIH DAN FORMULASI STRATEGI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (34kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (19kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (20kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (30kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat peramalan penjualan air bersih selama kurang lebih satu tahun kedepan dengan metode analisis terbaik, serta mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan, dan kemudian memformulasikan strategi yang dapat diterapkan oleh PDAM Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis time series, yaitu metode tren musiman, kemudian matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan juga menggunakan matriks Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT).
Data actual penjualan air bersih PDAM Kabupaten Sleman selama kurang lebih 4 tahun periode Januari 2010 sampai November 2013, diketahui memiliki unsure tren (cenderung meningkat) dan unsure musiman. Berdasarkan perhitungan metode peramalan menggunakan metode indeks musiman, diketahui jumlah total penjualan air bersih di tahun 2014 adalah sebesar 4.296.015 m3, atau meningkat sebesar 75603 m3 dari tahun 2013 yang berjumlah total 4.220.412 m3. Kemudian, berdasarkan matriks IFE menunjukkan bahwa factor kekuatan PDAM Kabupaten Sleman yang memiliki skor tertinggi adalah unit produksi yang cukup memadai dengan skor sebesar 0,444. Sedangkan matriks EFE menunjukkan peluang terbesar bagi PDAM Kabupaten Sleman adalah adanya potensi pangsa pasar yang cukup besar dan sumber air baku yang cukup banyak, dengan skor sebesar 0,511. Berdasarkan total nilai skor terbobot dari matriks IFE dan EFE tersebut menempatkan PDAM Kabupaten Sleman pada sel nomor V dalam matriks IE. Strategi yang dapat diambil pada posisi sel tersebut adalah adalah strategi Hold and Maintain (Pertahankan dan Pelihara). Kemudian, matriks SWOT menghasilkan sejumlah alternative strategi yang dapat dilakukan oleh PDAM Kabupaten Sleman untuk melakukan penyesuaian terhadap perkembangan lingkungan yang semakin dinamis.

Kata Kunci: PDAM Kabupaten Sleman, Peramalan Penjualan Air Bersih, Faktor Lingkungan Internal, dan Faktor Lingkungan Eksternal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PDAM KABUPATEN SLEMAN PERAMALAN PENJUALAN AIR BERSIH FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:04
Last Modified: 23 Jun 2022 03:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14301

Actions (login required)

View Item
View Item