ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN EKSPOR BIJI KAKA0 INDONESIA (PERIODE 1983-2012)

RINA NUFRIKA SARI (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN EKSPOR BIJI KAKA0 INDONESIA (PERIODE 1983-2012). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (146kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (27kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (74kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ekspor biji kakao Indonesia di International dan seberapa besar pengaruh efek variabel-variabel tersebut terhadap penawaran ekspor biji kakao Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ekspor biji kakao Indonesia adalah produksi biji kakao, harga kakao domestik, harga kakao di pasar internasional dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.
Penelitian ini menggunakan data sekunder, yang menggunakan data time series dalam periode dari tahun 1983-2012. Teknik yang digunakan adalah ordinary least square (OLS) yang terdiri dari asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Uji asumsi klasik yang terdiri dari multikolinieritas , heteroskedastisitas dan autokorelasi tes sementara pengujian hipotesis terdiri dari uji t, uji F, dan uji R2. Metode ini digunakan untuk menentukan dampak, arah, dan hubungan antara variabel dependen dan independen.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa semua variabel yang diuji berpengaruh positif dan signifikan pada penawaran ekspor kecuali variabel harga biji kakao domestik dan harga biji kakao International sebagai pengaruh negatif yang signifikan terhadap penawaran ekspor. Bersamaan dengan itu, empat variabel dependen tersebut, yaitu produksi, Harga biji kakao domestik, harga biji kakao International, dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika berpengaruh sebesar 92 % dan sisanya 8 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata kunci : ekpor, produksi biji kakao, harga biji kakao domestik, harga biji kakao international dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: EKSPOR PRODUK BIJI KAKAO HARGA BIJI KAKAO DOMESTIK HARGA BIJI KAKAO INTERNASIONAL NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:45
Last Modified: 24 Jun 2022 03:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14305

Actions (login required)

View Item
View Item