Taufiq Syarifudin (2020) MODEL MANAJEMEN MEDIA KOMUNITAS BERBASIS FANS SEPAKBOLA PASOEPATI.NET DALAM PERSPEKTIF SCP (STRUCTURE , CONDUCT, PERFORM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (664kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (61kB)
Bab I.pdf
Download (348kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (534kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pasoepati.net merupakan media komunitas berbasis fans sepakbola Persis Solo yang dihidupi oleh para fansnya sendiri. Media ini muncul pada tahun 2008 karena keresahan sulitnya mengakses informasi mengenai Persis Solo di media arus utama. Pasoepati.net yang menggunakan platform media online sebagai conduct (operasional) yang dapat digunakan dengan mudah dan murah, selain itu kebijakan redaksi dalam pengumpulan beritapun mengakomodir bagi siapa saja yang ingin membuat konten, sepanjang konten tersebut membicarakan Persis Solo dan Pasoepati. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana model manajemen media Pasoepati.net dari perspektif SCP (structure, conduct, perform) hal ini bertujuan melihat Pasoepati.net mempertahankan eksistensinya serta mengelola sumberdaya. Kasus ini diangkat dalam sebuah penelitian deskriptif kualitatif, hingga sampai pada bahasan media komunitas Pasoepati.net dapat membuktikan bahwa fenomena blog kolektif dalam strukturnya dapat bertahan atas dasar kegemaran bersama terhadap klub sepakbola. Ditambah lagi dengan pondasi perform (kinerja) Pasoepati.net yang dikelola semangat jurnalisme warga, dengan kanal website, Instagram, Twitter, Facebook, hingga Youtube. Pada bagian pengelolanya kebanyakan anak muda yang memiliki kompetensi di bidang jurnalisme dan well literated, membuat media komunitas dapat bertahan dan terus berkembang. Meski demikian tak pelak hambatan dari Pasoepati.net terletak pada konsistensi, jika kompetisi terhenti maka tidak ada konten yang naik, kemudian tidak biaya akomodasi karena tidak ada iklan atau sponsor sehingga para pengurus harus merogoh kocek sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:54 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 03:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1433 |