ERFINA DYAH ANGGRAHENI (2014) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BERORGANISASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI MADRASAH ALIYAH PESANTREN ISLAM MODERN AL-IMAN MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Abstract.pdf
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (630kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (101kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (337kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (194kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai aktivitas berorganisasi, motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Serta menjelaskan apakah ada hubungan antara aktivitas berorganisasi dengan prestasi belajar, motivasi berprestasi dengan prestasi belajar, aktivitas berorganisasi dengan motivasi berprestasi, dan aktivitas berorganisasi dan motivasi berprestasi secara bersamasama dengan prestasi belajar santri Madrasah Aliyah Pesantren Islam Modern alIman Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan dengan angket model skala likers. Adapun data dianalisis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Pada penelitian ini terdapat empat hipotesis, terdiri atas tiga korelasi sederhana dan satu korelasi ganda. Hasil hipotesis satu menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara aktivitas berorganisasi dengan prestasi belajar sebesar 0,580. Pada hasil uji signifikansi menyatakan bahwa hasil hitung sebesar 0,580 lebih besar dari taraf signifikansi t tabel sebesar 0,254 sehingga ada hubungan yang signifikan. Pada hasil hipotesis asosiatif dua, terdapat hubungan yang positif antara motivasi dengan prestasi belajar sebesar 0,166. Dalam uji signifikansi t hitung 0,166 < 0,254 dinyatakan tidak signifikan. Hasil hipotesis asosiatif tiga, terdapat korelasi yang positif antara aktivitas berorganisasi dengan motivasi berprestasi sebesar 0,249. Pada hasil uji signifikansi diperoleh 0,249 < 0,254 sehingga tidak terdapat korelasi yang signifikan. Hipotesis asosiatif empat menggunakan rumus korelasi berganda diperoleh hasil hitung sebesar 0,580. Sehingga terdapat korelasi positif antara aktivitas berorganisasi dan motivasi berprestasi bersama-sama dengan prestasi belajar. Adapun pada uji signifikansi diperoleh hasil sebesar 1,445 < 2,00 pada taraf signifikansi F tabel. Adapun kesimpulan akhir menyatakan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara aktivitas berorganisasi dan motivasi berprestasi bersama-sama dengan prestasi belajar santri Madrasah Aliyah Pesantren Islam Modern al-Iman Muntilan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AKTIVITAS BERORGANISASI MOTIVASI BERPRESTASI PRESTASI BELAJAR |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:19 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14352 |