PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

AWAN SUTRISNO (2014) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (357kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Bantul, yang bertujuan: 1. Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Bantul, 2. Untuk mengkaji bagaimana hasil belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Bantul.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini, dilihat dari jenisnya adalah penelitian lapangan (field research), yang disebut penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Bantul, sudah dimanfaatkan dengan cukup baik oleh guru dan siswa, baik di dalam atau di luar kelas sesuai dengan kebutuhan materi yang dipelajarinya. Terlihat dengan pemanfaatan media teknologi informasi seperti, laptop, jaringan internet, dan proyektor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari hasil belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Bantul, mengalami peningkatan secara baik.

Kata kunci : pemanfaatan teknologi, proses pembelajaran, pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN TEKNOLOGI PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:10
Last Modified: 23 Jun 2022 02:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item
View Item