AKTIVITAS PROMOSI PARIWISATA PT. PAGILARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG AGRO WISATA KEBUN TEH PAGILARAN.

WINIWAHAN DANASTRISONTA (2014) AKTIVITAS PROMOSI PARIWISATA PT. PAGILARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG AGRO WISATA KEBUN TEH PAGILARAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Promosi merupakan aktivitas utama kepariwisataan untuk
memperkenalkan keunggulan obyek wisata baik potensi maupun produknya. PT.
Pagilaran merupakan salah satu perusahaan penghasil teh yang memiliki obyek
wisata yang dikenal dengan “Agrowisata Kebun Teh Pagilaran”.Agrowisata
Pagilaran ini memiliki potensi wisata alam yang sangat menarikdan menjadi daya
tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena, kegiatan promosi sangat
diperlukan untuk menginformasikan dan mengenalkan Agrowisata tersebut agar
semakin dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas promosi
pariwisata yang dilakukan oleh PT. Pagilaran dalam rangka meningkatkan jumlah
pengunjung Agrowisatanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif dengan cara mengamati dan menganalisa aktivitas promosi
pariwisata PT. Pagilaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan promosi Agrowisata
Pagilaran yang dilakukan adalah menggunakan serangkaian langkah perencanaan
aktivitas promosi meliputi: (1) menentukan segmentasi target pasar wisatawan, (2)
menetapkan tujuan promosi pariwisata, (3) merancang pesan dan memilih saluran
komunikasi, (4) menentukan bauran promosi, (5) menentukan jumlah anggaran
yang digunakan, dan (6) evaluasi. Sedangkan media promosi yang digunakan oleh
PT. Pagilaran adalah media iklan mencakup media luar ruangan (baliho) dan
media cetak (leaflet, brosur, Koran), public relations (event, pameran), dan
promosi mulut kemulut. Berdasar elemen promosi yang digunakan, kegiatan
promosi Agrowisata Pagilaran merupakan aktivitas promosi yang saling berkaitan
dan berpengaruh pada meningkatkan jumlah pengunjung Agrowisata Pagilaran.
Kata kunci :Aktivitas promosi pariwisata, Perencanaan, Meningkatan jumlah
pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS PROMOSI PARIWISATA PERENCANAAN MENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:12
Last Modified: 23 Jun 2022 04:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item
View Item