REPRESENTASI KEMISKINAN DALAM FILM INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKMDALAM FILM ''ALANGKAH LUCUNYANEGERI INI'').

QUEEN NILA AYU SAVITRI (2014) REPRESENTASI KEMISKINAN DALAM FILM INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKMDALAM FILM ''ALANGKAH LUCUNYANEGERI INI''). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (112kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

Studi ini berusaha menganalisis tentang representasi kemiskinan yang tersaji dalam film Alangkah Lucunya Negeri (Ini).Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui representasi kemiskinan. Kerangka teori dalam penelitian ini menggunakan film sebagai representasi, konstruksi realita sosial, film sebagai kritik sosial, kemiskinan dalam media. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik model Rolland Barthes.

Setelah dilakukan analisis data, maka penelitian ini menemukan beberapa hasil sebagai berikut: Pertama, film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) merepresentasikan kemiskinan akses dalam beberapa adegan. Kemudian kedua, peneliti menemukan adanya sikap inisiatif kemandirian dari masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup rakyat miskin. Ketiga, peneliti menemukan adanya sikap pertentangan antara rakyat miskin dengan aparat dan peneliti menemukan bahwa aparat Negara lebih menghormati koruptor dibandingkan mementingkan nasib rakyat. Keempat, peneliti menemukan kritik terhadap pemerintah dimana rakyat Indonesia belum mendapatkan haknya karena banyak koruptor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rakyat miskin menghadapi masalah kemiskinan akses untuk kemudian aparat dan pemerintah belum bisa memiliki rasa kesadaran sosial dalam memajukan bangsa Indonesia.

Kata kunci: Representasi, Kemiskinan, Film, Semiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI KEMISKNAN FILEM SEMATIK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:12
Last Modified: 23 Jun 2022 04:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item
View Item