PERBANDINGAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT ERA GEORGE WALKER BUSH DAN BARRACK OBAMA DALAN ISU TERORISME

APRYLIA NUR AMRINA TARIS (2014) PERBANDINGAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT ERA GEORGE WALKER BUSH DAN BARRACK OBAMA DALAN ISU TERORISME. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa ataupun menelaah perbandingan antara Doktrin Bush dan Doktrin Obama dalam konteks studi Terorisme global kasus Afghanistan, Irak, dan Indonesia selama 2001- 2013. Paska hancurnya gedung WTC 11 September 2001, AS seketika mengeluarkan kebijakan war on terror. Dengan dua kepemimpinan yang berbeda maka akan ada perbedaan rumusan kebijakan luar negeri pula dalam menghadapi terorisme tersebut.
Dalam tulisan ini penulis menggunakan metode deduktif, yang berdasarkan kerangka teori yang kemudian ditarik suatu hipotesa yang akan dibuktikan melalui data empiris. Penulis menemukan analisa bahwasanya terdapat perbedaan dan juga persamaan antara doktrin Bush dan kebijakan Obama. Perbedaan kedua doktrin tersebut terletak pada cara pelaksanaan dan pemilihan power. Pada rezim Bush, Amerika Serikat menggunakan pendekatan hard diplomacy dalam menghadapi terorisme. Sedangkan Obama, melalui pendekatan soft-smart diplomacy nya mencoba mengubah citra buruk AS dalam menghadapi terorisme di ketiga negara tersebut.
Walaupun demikian, antara kedua doktrin tersebut terdapat persamaan yang esensial, yakni tetap menjaga dan mengedepankan kepentingan nasional Amerika terutama dalam bidang keamanan. Selain itu persamaan antara kedua doktrin itu adalah tetap dalam konteks menjaga dan melestarikan status hegemoni yang dimiliki Amerika saat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:57
Last Modified: 22 Jun 2022 07:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item
View Item