KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI INDONESIA

EKO NUGROHO PUTRO (2014) KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

CSR merupakan bentuk tanggung jawab yang wajib dilaksanakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis untuk membantu keadaan ekonomi dan sosial di sekitar perusahaannya secara berkelanjutan. CSR di Indonesia telah diwajibkan setelah adanya Pasal 74 Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Tujuan penulisan mengapa muncul kebijakan CSR di Indonesia, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong CSR muncul di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode dedukif, artinya dengan berdasarkan kerangka teori maupun pendekatan kemudian ditarik suatu hipotesa yang akan dibuktikan melalui data empiris. Pengumpulan data penelitian ini akan dilaksanakan dengan studi pustaka,oleh karena itu data yang akan diolah adalah data sekunder yang bersumber dari literatur-literatur, makalah-makalah ilmiah, jurnal-jurnal ilmiah dan surat kabar. Sedangkan data-data lain diperoleh dari media elektronik yaitu internet yang relevan dengan analisis di atas
Berdasarkan hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa munculnya kebijakan CSR di Indonesia karena adanya usulan dari Pemerintah, dalam hal ini usulan tersebut di sampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin di dalam Surat Presiden tertanggal 12 Oktober 2005 yang ditujukan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, perihal Rancangan Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas agar dibahas bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat, guna mendapat persetujuan.

Keywords: corporate social responsibility (csr), kebijakan, perusahaan, pemerintah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) KEBIJAKAN PERUSAHAAN PEMERINTAH
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:00
Last Modified: 22 Jun 2022 08:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item
View Item