PERBEDAAN MINAT ANAK TERHADAP PENGGUNAAN SIKAT GIGI KONVENSIONAL DENGAN SIKAT GIGI BERLAMPU SEBAGAI PENGUKUR WAKTU (LIGHT UP TIMER TOOTHBRUSH) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

RAHMI FITRI AZIZAH (2014) PERBEDAAN MINAT ANAK TERHADAP PENGGUNAAN SIKAT GIGI KONVENSIONAL DENGAN SIKAT GIGI BERLAMPU SEBAGAI PENGUKUR WAKTU (LIGHT UP TIMER TOOTHBRUSH) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (95kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu hal. Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat individu akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan minat terhadap penggunaan sikat gigi konvensional dengan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Toothbrush) pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Mulia Dua Taman Siswa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental. Sampel diambil dari seluruh jumlah siswa TK Budi Mulia Dua yang berumur 4-5 tahun sebanyak 32 anak kemudian dipilih anak yang kooperatif dalam penelitian. Dari 32 anak yang terdapat 19 anak yang kooperatif. Kunjungan pertama anak-anak menyikat gigi dengan sikat gigi konvensional. Kuesioner diisi sebelum dan setelah menyikat gigi. Kunjungan kedua anak-anak menyikat gigi dengan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Toothbrush). Kuesioner diisi sebelum dan setelah menyikat gigi. Data dianalisis menggunakan Uji Paired ttest dan Mann Whitney. Uji Paired t-test menunjukkan hasil tidak adanya perbedaan signifikan (p< 0,05) jumlah skor kuesioner sebelum dan setelah menyikat gigi. Uji Mann Whitney menunjukkan hasil yang signifikan (p< 0,05), yang terdapat perbedaan minat anak terhadap penggunaan sikat gigi konvensional dan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Toothbrush). Hal ini bertolak belakang dengan hipotesa karena anak-anak lebih berminat menggunakan sikat gigi konvensional dibandingkan dengan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Toothbrush).

Kata kunci: Anak usia 4-5 tahun, minat, sikat gigi konvensional, sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Toothbrush).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ANAK USIA 4-5 TAHUN MINAT SIKAT GIGI KONVENSIONAL SILAT GIGI BERLAMPU SEBAGAI PENGUKUR WAKTU (LIGHT UP TIMER TOOTHBRUSH)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:45
Last Modified: 22 Jun 2022 07:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item
View Item