DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KRESEN (MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS SECARA IN VITRO

MONA DEBY MELANTY (2014) DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KRESEN (MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (362kB)

Abstract

Demineralisasi jaringan keras gigi yang kemudian diikuti oleh kerusakan bahan organiknya merupakan tanda dari karies. Salah satu faktor penyebab karies adalah mikroorganisme yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus. Flavonoid, saponin, dan tannin memiliki aktivitas daya antibakteri. Tanaman kersen (Muntingia calabura L.) di Asia diketahui memiliki kandungan flavonoid, saponin, dan tannin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya antibakteri ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) terhadap pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus. Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratoris murni dengan menggunakan metode difusi padat dengan 7 kelompok, 5 kelompok perlakuan dengan konsentrasi ekstrak yang berbeda yaitu 0,5%, 5%, 10%, 15% dan 20% dan 2 kelompok untuk kontrol positif (antibiotik eritromisin) dan negatif (akuades). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kersen dapat menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus dengan signifikan (ANOVA p<0,05), Kadar Hambat Minimum (KHM) terdapat pada konsentrasi ekstrak 0,5%, sedangkan konsentrasi optimal pada konsentrasi 20%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daun kersen memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Lactobacillus acidophilus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KRESEN (MUNTINGIA CALABURA L.) LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:49
Last Modified: 22 Jun 2022 07:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item
View Item