PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SISWA ANTARA KELAS CERDAS ISTIMEWA DENAGAN KELAS REGULER DI SDN UNGARAN I YOGYAKARTA.

NIDA NASHUHA (2014) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SISWA ANTARA KELAS CERDAS ISTIMEWA DENAGAN KELAS REGULER DI SDN UNGARAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Membuktikan perbedaan tingkat, mengetahui
peran orangtua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual
antara kelas Cerdas Istimewa (CI) dengan kelas Reguler di SD Negeri Ungaran I
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kuantitatif,
kualitatif(Mix Method). Adapun metode pengumpulan data kuantitatif yang digunakan
adalah angket dan data kualitatif adalahobservasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis data komparatif dan analisis data
deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan analisis data, kemudian menelaah seluruh data
yang terkumpul dari hasil angket, wawancara, pengamatan, kemudian dilakukan reduksi
data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)hasil analisis kuantitatif menunjukkan
tidak terdapat perbedaan kecerdasan emosional dan spiritual siswa antara kelas cerdas
istimewa dengan kelas reguler di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta2)dan hasil data
kualitatif menunjukkan orangtua memiliki peran dalam menumbuhkan kecerdasan
emosional dan spiritual siswa cerdas istimewa. 3) guru memiliki peran dalam
menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa antara kelas cerdas istimewa
dengan kelas reguler. Dalam menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa
orangtua menggunakan metode model bagi anak. Sedangkan guru menggunakan
metode problem solving dalam menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa
cerdas istimewa.
Keyword: kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, mix method

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN EMOSIONAL KECERDASAN SPIRITUAL MIX METHOD
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:51
Last Modified: 23 Jun 2022 03:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item
View Item