GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROFESI NERS PSIK FKIK UMY TENTANG BRADEN SCALE UNTUK PENGKAJIAN RISIKO DEKUBITUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

ABDUL RASYID H (2014) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PROFESI NERS PSIK FKIK UMY TENTANG BRADEN SCALE UNTUK PENGKAJIAN RISIKO DEKUBITUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (43kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.rtf

Download (47kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.rtf

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Pengetahuan perawat tentang Braden Scale menjadi dasar dan prasyarat utama bagi perawat dalam mempraktekkan pengkajian risiko luka dekubitus yang terstandar. Kurangnya pengetahuan tentang Braden Scale dalam pengkajian risiko decubitus pada mayoritas mahasiswa Profesi Ners PSIK UMY menjadi dasar pentingnya dilakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa profesi Ners PSIK FKIK UMY di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam pengkajian risiko dekubitus melalui Braden Scale.
Metode penelitian ini ini adalah observasional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa profesi Ners PSIK FKIK UMY di PKU Muhamadiyah Yogyakarta yaitu sebanyak 54 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah sebanyak 35 responden. Teknik analisis data menggunakan deskriptif frekuentif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mayoritas mahasiswa profesi Ners PSIK FKIK UMY memiliki tingkat pengetahuan tentang Braden Scale untuk pengkajian risiko dekubitus yang masuk dalam kategori tinggi sebanyak 12 orang (34,3%); (2) Berdasarkan karakteristik umur, responden yang berumur 22 tahun mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi sebanyak 5 orang (71,4%); responden yang berumur 23 tahun mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang sangat tinggi sebanyak 7 orang (41,2%); responden yang berumur 24 tahun mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi dan sangat tinggi dengan jumlah yang sama, masing-masing sebanyak 4 orang (36,4%); (3) Berdasarkan karakteristik jenis kelamin, responden perempuan, mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi sebanyak 11 orang (37,9%) dan responden laki-laki mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan sangat tinggi dengan jumlah yang sama, masing-masing sebanyak 2 orang (33,3%).
Kesimpulan penelitian ini adalah Mayoritas mahasiswa profesi Ners PSIK FKIK UMY memiliki tingkat pengetahuan tentang Braden Scale untuk pengkajian risiko dekubitus yang masuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *88 TINGKAT PENGETAHUAN BRADEN SCALE DEKUBITUS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:48
Last Modified: 23 Jun 2022 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item
View Item