HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN POLA KEBISAAN MEMBACA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA.

LATIFAH JAMILATUN NUR (2013) HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN POLA KEBISAAN MEMBACA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (33kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Myopia merupakan kelainan refraksi dimana berkas sinar sejajar yang memasuki mata tanpa akomodasi, difokuskan berada di depan retina. Banyak faktor yang berhubungan dengan munculnya myopia karena pola kebiasaan membaca yang salah, diantaranya adalah membaca terlalu dekat atau sambil berbaring, pencahayaan kurang dan posisi lampu, seringnya penggunaan laptop/komputer serta lama membaca. Faktor-faktor tersebut mempunyai hubungan terhadap timbulnya myopia, sehingga hal-hal yang bisa memicu munculnya myopia bisa dilakukan, yaitu dengan menjaga pola kebiasaan dalam membaca.
Penelitian ini dilakukan karena penulis ingin mengetahui lebih jauh tentang myopia dan hubungannya dengan pola kebiasaan membaca. Untuk melihat hubungan tersebut, penulis melakukan penelitian di daerah Yogyakarta khususnya di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Responden pada penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, diantaranya 218 orang siswa IPA dan IPS kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2013. Responden diberikan kuesioner yang berisi pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor pola kebiasaan membaca berhubungan dengan kejadian myopia.
Hasil Chi-Square menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu siswa didapat mempunyai pola kebiasaan membaca yang salah dan hal ini berhubungan terhadap terjadinya myopia.
Kata Kunci: Myopia, Pola Kebiasaan Membaca

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KELAINAN REFRAKSI MYOPIA POLA KEBIASAAN MEMBACA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:41
Last Modified: 22 Jun 2022 03:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item
View Item