PENGARUH PELAKSANAAN MPKP TERHADAP MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

EWIKA FITRI PERDANASARI (2014) PENGARUH PELAKSANAAN MPKP TERHADAP MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (44kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (70kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (52kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Latar Belakang: MPKP merupakan salah satu upaya meningkatkan praktek pelayanan keperawatan di rumah Sakit. Untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan penerapan manajemen keperawatan professional di RSUD Panembahan Senopati Bantul diperlukan evaluasi pelaksanaannya.
Metode: desain dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif yaitu dengan Cross-sectional digunakan untuk menganalisis penerapan MPKP di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Analisis ini juga digunakan untuk menguji management approach, compensatory rewards, profesional relationship, patient care delivery system dan motivasi kerja perawat. Secara kualitatif yaitu dengan studi kasus digunakan mengevaluasi penerapan MPKP di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Metode yang akan digunakan adalah wawancara dan Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terarah (DKT).
Hasil dan Pembahasan: (1) Pendekatan manajemen mempengaruhi motivasi kerja perawat secara signifikan pada aspek motif keberadaan, motif afiliasi, dan motif berprestasi; (2) Penghargaan karir mempengaruhi motivasi kerja perawat secara signifikan pada aspek motif keberadaan, motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi; (3) Hubungan profersional mempengaruhi motivasi kerja perawat secara signifikan pada aspek motif afiliasi, motif kekuasaan, dan motif berprestasi; (4) Sistem Pemberian Asuhan Keperawatan mempengaruhi motivasi kerja perawat secara signifikan pada aspek motif keberadaan dan motif afiliasi; dan (5) Pelaksanaan MPKP pada indikator pendekatan manajemen, penghargaan karir, hubungan profesional, dan sistem pemberian asuhan keperawatan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja perawat. Semakin baik pelaksanaan MPKP, maka motivasi kerja perawat akan semakin tinggi/meningkat.
Kesimpulan dan Saran: pelaksanaan MPKP di RSUD Panembahan Senopati Bantul berpengaruh terhadap motivasi kerja perawat. Perawat yang memiliki motivasi rendah hendaknya meningkatkan motivasi agar dapat memberikan asuhan keperawatan dengan baik kepada pasien.

Kata kunci: pengaruh, MPKP, motivasi kerja, perawat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MPKP MOTIVASI KERJA PERAWAT
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:17
Last Modified: 22 Jun 2022 07:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14457

Actions (login required)

View Item
View Item