EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI - NILAI ISLAM

DIAH AGUSTIN ARI PRIYADI (2014) EVALUASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI - NILAI ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter berbasis Islam di SD International Islamic (Intis) School Yogyakarta. Penelitian didasari kenyataan banyaknya permasalahan bangsa disebabkan oleh buruknya implementasi karakter dan budaya bangsa.
Fokus evaluasi meliputi contex (konteks) terdiri dari kondisi lingkungan dan budaya sekolah dalam memberikan kontribusi bagi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di SD INTIS School, input (masukan) berupa kesiapan guru, kesiapan siswa dan kesiapan sarana belajar di sekolah dalam memberikan kontribusi bagi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di SD INTIS School, process (proses) terdiri dari pengelolaan program dan proses pembelajaran dalam memberikan kontribusi bagi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di SD INTIS School, dan product (hasil) yang dihasilkan dalam pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam yang berupa penilaian perilaku siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan pen dekatan Model Contex, Input, Process, Product (CIPP) dari Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan kuisioner. Data dianalisis secara mix method dan selanjutnya dilakukan analisis deskriptif.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa : 1) konteks berupa aspek lingkungan sekolah dan budaya sekolah cukup kondusif untuk pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam (mean 46,00 ideal 40), 2) input yang meliputi kesiapan guru, kesiapan siswa, dan kesiapan sarana belajar sangat baik memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilainilai Islam di SD Intis School (mean 60,63 ideal 50,00), 3) proses yang meliputi : 1) Perencanaan kegiatan pembelajaran, 2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran, 3) pelaksanaan penilaian pembelajaran, dan 4) pelaksanaan remidi dan pengayaan sangat relevan dengan program dengan program pelaksanaan pendidikan karakter (mean 66,16 ideal 50), dan 4) evaluasi produk pendidikan karakter efektif memberikan kontribusi terhadap peningkatan perilaku siswa ( 58,74 ideal 50,00).

kata kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai Islam, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER NILAI - NILAI ISALAM SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:31
Last Modified: 22 Jun 2022 06:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item
View Item