PELATIHAN PATIENT SAFETY & KOMUNIKASI SBAR UNTUK MENGETAHUI ANGKA KEJADIAN NYARIS CEDERA DI RS PKU MUHAMMADIYAH UNIT II

DIAH EKAWATI (2014) PELATIHAN PATIENT SAFETY & KOMUNIKASI SBAR UNTUK MENGETAHUI ANGKA KEJADIAN NYARIS CEDERA DI RS PKU MUHAMMADIYAH UNIT II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang: Kejadian Nyaris Cedera merupakan suatu kejadian yang berhubungan dengan keamanan pasien dan terjadi lebih banyak dibandingkan dengan Kejadian Tidak Diinginkan. Buruknya komunikasi antara dokter dan perawat merupakan salah satu penyebab insiden. Upaya untuk menurunkan angka Kejadian Nyaris Cedera dalam mendukung patient safety dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan patient safety dan komunikasi SBAR.
Tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah Kejadian Nyaris Cedera setelah dilakukan pelatihan patient safety dan komunikasi SBAR, Mengetahui penyebab tersering KNC, dan memberikan rekomendasi untuk menurunkan KNC di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.
Metode: action research dengan purposive sampling, yaitu sebanyak 30 orang perawat yang memenuhi kriteria inklusi.
Hasil: Siklus pertama partisipan terlihat memahami materi patient safety dan komunikasi SBAR. Siklus kedua didapatkan satu laporan KNC dan Siklus ketiga didapatkan satu laporan KNC, Penyebab tersering KNC terjadi di bagian farmasi saat melakukan screening penggunaan obat dan perawat yang sering menyebabkan KNC adalah perawat junior dengan masa kerja yang belum lama.
Kesimpulan: Kejadian Nyaris Cedera yang dilaporkan sebanyak 2 laporan setelah dilakukan pelatihan patient safety & komunikasi SBAR di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II, Penyebab tersering KNC terjadi di bagian farmasi saat screening penggunaan obat dan perawat yang sering menyebabkan KNC adalah perawat junior dengan masa kerja yang belum lama. rekomendasi untuk menurunkan angka KNC yaitu dengan meningkatkan budaya pelaporan dan penambahan jumlah staff farmasi.

Kata kunci: patient safety, komunikasi SBAR, Kejadian Nyaris Cedera

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PATIENT SAFETY KOMUNIKASI SBAR KEJADIAN NYARIS CEDERA
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:53
Last Modified: 22 Jun 2022 05:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item
View Item