EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (DENTAL HEALTH EDUCATION) MELALUI MEDIA AJAR CERITA LEMBAR BERBALIK (RESERVED SHEET STORY) TERHADAP ANAK TAMAN KANAK-KANAK USIA 4-5 TH DI PAUD TERPADU

DIAN NOVIZA (2013) EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT (DENTAL HEALTH EDUCATION) MELALUI MEDIA AJAR CERITA LEMBAR BERBALIK (RESERVED SHEET STORY) TERHADAP ANAK TAMAN KANAK-KANAK USIA 4-5 TH DI PAUD TERPADU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut telah mengalami peningkatan pada abad terakhir, tetapi prevalensi terjadinya karies gigi pada anak tetap merupakan masalah klinik yang utama (Suwelo, 1998). Menurut laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional 2007, prevalensi karies aktif di Jawa Barat 50,4% Jawa Timur 76,2% dan di Yogyakarta sebesar 52,3% (Anonim, 2008). Perbandingan penelitian karies yang dilaksanakan lebih dari 10 tahun lalu dengan penelitian yang dilakukan pada dekade terakhir ini mengungkapkan secara signifikan menurunnya karies pada anak-anak sebanyak 30-50% dan adanya kenaikan yang menonjol dari anak-anak yang bebas karies (Bohanan dan Bader, 1984). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penyuluhan kesehatan gigi dan mulut (DHE) melalui media ajar cerita lembar berbalik (RSS) terhadap anak TK usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak-anak TK usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, Yogyakarta. Berdasarkan data siswa TK berjumlah 144 anak. Dalam penelitian ini model rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest – Postest, dalam rancangan penelitian ini kelompok intervensi mendapatkan penyuluhan menggunakan media ajar cerita lembar berbalik (RSS). Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut (DHE) pada anak TK usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’aini Ngampilan, Yogyakarta saat dilakukan pretest diketahui sebanyak 34 orang (63%) dalam kategori tinggi dan 9 orang (16,7%) dalam kategori rendah, nilai mean pada saat dilakukan pretest sebesar 47,388, nilai minimum sebesar 30,00 dan nilai maksimum sebesar 58,00 dan standar deviasi sebesar 8,143. Tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi saat pretes terdapat sebanyak 9 anak (16,7%) yang memiliki pengetahuan rendah dan yang sedang sebanyak 11 anak (20,4%). Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa sebagian anak belum memahami tentang pentingnya dental healthy pada diri mereka.
Kata Kunci : media ajar cerita lembar berbalik, pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, anak-anak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MEDIA AJAR CERITA LEMBAR BALIK PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK-ANAK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:06
Last Modified: 23 Jun 2022 03:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item
View Item