Runi Hilda Fadlani Siregar (2020) The Concept and Implementation of School Zoning Policy: Constitutional and Practical in Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (368kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis apakah konsep sistem zonasi tersebut bertentangan dengan konstitusi dan menganalisis penerapan sistem zonasi terhadap penerimaan siswa baru tahun 2019 di kota Yogyakarta khususnya di SMP 2 dan SMP 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan metode penelitian hukum normatif-empiris dengan pendekatan konstitusional dan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan Sistem Zonasi dalam penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 bertentangan dengan Pasal 28 E ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penerapan sistem zonasi penerimaan siswa baru tahun 2019 di kota Yogyakarta secara teknis berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan pelaksana yang diatur dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Nomor 188/635 namun terdapat kendala dalam perubahan terpenuhinya kuota karena kuota tersebut tidak terpenuhi oleh satu kategori sehingga dipindahkan ke kategori lain. Hasil penelitian merekomendasikan beberapa hal yang harus ditingkatkan seperti pemerataan fasilitas pendidikan, pemenuhan kebutuhan tenaga pengajar, dan penyelarasan program dan kegiatan ekstrakurikuler di seluruh sekolah di Indonesia sebelum menerapkan sistem zonasi penerimaan siswa baru, sehingga tercipta keadilan dan non diskriminasi, sehingga penerapan sistem zonasi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1453 |