HUBUNGAN EVALUASI KASUS KLINIS YANG DIKAJI PADA TUTORIAL DENGAN PEMAHAMAN PRAKTEK INTERPROFESIONAL EDUCATION DI ASRI MEDICAL CENTER YOGYAKARTA

ANDRE TEGAR WIDHIANTO (2014) HUBUNGAN EVALUASI KASUS KLINIS YANG DIKAJI PADA TUTORIAL DENGAN PEMAHAMAN PRAKTEK INTERPROFESIONAL EDUCATION DI ASRI MEDICAL CENTER YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Latar Belakang : IPE adalah metode pembelajaran yang interaktif, berbasis kelompok, yang dilakukan dengan menciptakan suasana belajar kolaboratif dan untuk menyampaikan pemahaman mengenai interpersonal, kelompok, organisasi dan hubungan antar organisasi sebagai proses profesionalisasi. Sedangkan kasus klinis merupakan masalah yang dibahas oleh mahasiswa ilmu kesehatan saat melakukan tutorial.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara evaluasi kasus yang sedang di bahas bersama dengan pemahaman praktek Interprofesional Education di Asri Medical Center Yogyakarta.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah non eksperimental. Sedangkan desain penelitian kali ini menggunakan cross sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa profesi kesehatan mengenai IPE pada saat melakukan kegiatan pembahasan skenario tutorial. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswa tahap profesi FKIK UMY yang bertempat di Asri Medical Center. Berdasarkan data yang diambil di AMC Yogyakarta periode Maret 2013 – Juni 2013 didapatkan 125 responden mewakili masing – masing ke empat program studi di FKIK UMY yang sedang menjalani program IPE. Pada penelitian ini dilihat hubungan antara evaluasi kasus yang sedang di bahas bersama dengan pemahaman praktek Interprofesional Education. Pengambilan data menggunakan Instrumen berupa kuesioner.
Hasil : Hasil analisis dari korelasi spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kasus klinis yang dikaji dengan pemahaman IPE (p = 0,000).
Kesimpulan : Dari hasil penelititan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara eveluasi kasus dengan pemahaman IPE.
Kata kunci : IPE – kasus klinis - Tutorial

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IPE KASUS KLINIS TUTORIAL
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:59
Last Modified: 22 Jun 2022 03:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item
View Item