ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT PASIEN UNTUK BERKUNJUNG ULANG DI PELAYANAN RAWAT INAP DI RSIA 'AISYIYAH KLATEN

DHYAS MUNANDAR AS (2014) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT PASIEN UNTUK BERKUNJUNG ULANG DI PELAYANAN RAWAT INAP DI RSIA 'AISYIYAH KLATEN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (75kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (293kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Latar belakang: RSIA ‘Aisyiyah Klaten adalah rumah sakit swasta yang sedang berkembang di wilayah kota Klaten. Kondisi menurunnya jumlah kunjungan pasien baik rawat inap menjadi permasalahan yang harus diperhatikan oleh manajerial rumah sakit. Rumah sakit perlu menerapkan dengan baik program pemasaran yang mencakup aspek produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, dan proses, bukti fisik sehingga meningkatkan pelanggan yang berminat untuk datang kembali memanfaatkan jasa pelayanan di RSIA ‘Aisyiyah Klaten.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah pengguna jasa yang pelayanan kesehatan RSIA ‘Aisyiyah Klaten. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap di rumah sakit tersebut, yaitu sebanyak 68 orang. Penarikan sampel dilakukan secara nonrandom dengan teknik convenience sampling. Analisis data dengan analisis regresi linear berganda (multiple regression).
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan semua faktor bauran pemasaran meliputi produk (p=0,269), tarif (p=0,015), lokasi (p=0,026), promosi (p=0,047), sumber daya manusia (; p=0,006), proses (0,027), bukti fisik (p=0,025) masing masing berpengaruh positif terhadap minat pasien untuk berkunjung ulang kecuali produk yang tidak ada pengaruh signifikan terhadap minat memanfaatkan ulang jasa pelayanan Sumber daya manusia memiliki pengaruh terbesar. Hasil uji F menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh secara simultan (p=0,000) terhadap minat memanfaatkan ulang jasa pelayanan di RSIA Klaten. Minat pasien dipengaruhi oleh seluruh komponen bauran pemasaran sebesar 83,5% sedangkan sisanya 16,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kesimpulan: Produk, tarif, lokasi, promosi, sumber daya manusia, proses, bukti fisik masing masing berpengaruh positif terhadap minat pasien untuk berkunjung ulang di RSIA ‘Aisyiyah Klaten. Produk, tarif, lokasi, promosi, sumber daya manusia, proses, bukti fisik secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat pasien untuk berkunjung ulang di RSIA ‘Aisyiyah Klaten.

Kata Kunci: bauran pemasaran, minat pasien

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BAURAN PEMASARAN MINAT PASIEN
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:24
Last Modified: 22 Jun 2022 03:24
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item
View Item