HASTIAN DANIYANTO (2014) PENGARUH PENGGANTIAN KARBURATOR TERHADAP KINERJA MESIN PADA MOTOR MATIC BORE UP 180 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (71kB)
Abstract.pdf
Download (19kB)
Bab I.pdf
Download (41kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (675kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (109kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (98kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (96kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (48kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Sebagai usaha untuk meningkatkan performa mesin pada mesin motor 4 langkah selain melalakukan perancangan ulang dan modifikasi pada mesin motor atau melakukan bore up. Motor matic biasanya untuk masalah performa mesin kurang bertenaga dibandingkan motor bertransmisi manual, oleh karena itu bore up sebagai solusi untuk meningkatkan performa mesin bertransmisi matic. Penerapan bore uppada motor matic, yaitu dengan cara memodifikasi atau merubah ring piston, karburator, katup masuk dan buang. Mengubah kapasitas ruang bakar lebih besarakan membutuhkan suplay udara dan bahan bakar lebih banyak, maka energi pembakaran pun semakin besar. Metode penelitian ini menggunakan motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan variasi karburator standar dan karburator racing. Data yang didapatkan saat melakukan penelitian adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar (mf). Alat yang digunakan adalah motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan menggunakan alat dynamometer dan metode pengambilan data dengan metode throttle spontan dan throttle per rpm. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing. Pada motor matic standar dan matic bore up 180 cc menggunakan karburator standar konsumsi bahan bakar ( ) lebih rendah dari pada motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BORE UP MATIC KARBORATOR RANCING VENTURI DAYA (P) TORSI (T) KONSUMSI BAHAN BAKAR (MF) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:30 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 02:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14637 |