PENGARUH PENGGANTIAN KARBURATOR TERHADAP KINERJA MESIN PADA MOTOR MATIC BORE UP 180 CC

HASTIAN DANIYANTO (2014) PENGARUH PENGGANTIAN KARBURATOR TERHADAP KINERJA MESIN PADA MOTOR MATIC BORE UP 180 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Sebagai usaha untuk meningkatkan performa mesin pada mesin motor 4 langkah selain melalakukan perancangan ulang dan modifikasi pada mesin motor atau melakukan bore up. Motor matic biasanya untuk masalah performa mesin kurang bertenaga dibandingkan motor bertransmisi manual, oleh karena itu bore up sebagai solusi untuk meningkatkan performa mesin bertransmisi matic. Penerapan bore uppada motor matic, yaitu dengan cara memodifikasi atau merubah ring piston, karburator, katup masuk dan buang. Mengubah kapasitas ruang bakar lebih besarakan membutuhkan suplay udara dan bahan bakar lebih banyak, maka energi pembakaran pun semakin besar. Metode penelitian ini menggunakan motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan variasi karburator standar dan karburator racing. Data yang didapatkan saat melakukan penelitian adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar (mf). Alat yang digunakan adalah motor matic standar dan motor matic bore up 180 cc dengan menggunakan alat dynamometer dan metode pengambilan data dengan metode throttle spontan dan throttle per rpm. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing. Pada motor matic standar dan matic bore up 180 cc menggunakan karburator standar konsumsi bahan bakar ( ) lebih rendah dari pada motor matic bore up 180 cc menggunakan karburator racing

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: BORE UP MATIC KARBORATOR RANCING VENTURI DAYA (P) TORSI (T) KONSUMSI BAHAN BAKAR (MF)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:30
Last Modified: 22 Jun 2022 02:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item
View Item