HUBUNGAN LAMA KETUBAN PECAH DINI DENGAN KEJADIAN ASFIKASI NEUNATORUM DI RSUD PENEMBAHAN SENOPATI BANTUL PEREODE JANUARI 2011 - DESEMBER 2012

AIDA YULIA AMANY (2014) HUBUNGAN LAMA KETUBAN PECAH DINI DENGAN KEJADIAN ASFIKASI NEUNATORUM DI RSUD PENEMBAHAN SENOPATI BANTUL PEREODE JANUARI 2011 - DESEMBER 2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Angka kematian perinatal di Indonesia masih sangat tinggi jika dibandingkan dengan negara ˗ negara ASEAN lainnya. WHO menyatakan bahwa salah satu penyebab kematian perinatal terbanyak adalah asfiksia neonatorum. Ketuban pecah dini dapat mempertinggi risiko terjadinya asfiksia neonatorum. Insiden ketuban pecah dini di RSUD Panembahan Senopati Bantul periode Januari 2011 – Desember 2012 sebesar 5,9%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara lama ketuban pecah dini dengan kejadian asfiksia neonatorum serta mengetahui perbedaan kejadian asfiksia neonatorum pada lama ketuban pecah dini < 12 jam dan ≥ 12 jam. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan menggunakan design cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu dengan ketuban pecah dini serta bayi baru lahir dari ibu dengan ketuban pecah dini di RSUD Panembahan Senopati Bantul periode Januari 2011 – Desember 2012. Besar sampel dihitung dengan rumus taro yamane yaitu sebesar 68 pasien dengan cara pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Chi˗square. Hasil analisis bivariat menunjukkan P = 0,006. Karena P < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat hubungan antara lama ketuban pecah dini dengan kejadian asfiksia neonatorum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KETUBAN PECAH DINI ASFIKSIA NEUNATORUM
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:35
Last Modified: 22 Jun 2022 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14659

Actions (login required)

View Item
View Item