PENGARUH KOPING RELIGIUS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI KULTUR SEKOLAH TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI MADRASAH MU'ALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ANIS FAHMI BASEWED (2014) PENGARUH KOPING RELIGIUS, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI KULTUR SEKOLAH TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI MADRASAH MU'ALIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Idealnya, siswa di lembaga pendidikan pesanfien seperti Madrasah Mu'allimin
Muhammadiyah Yoryakarta memiliki religiusitas yang tinggi, pola Interaksi
Teman Sebaya yang barb Persepsi Kultur Sekolah yang positif, serta
Kesejahteraan Psikologis yang baik pula sehingga mereka dapat merasa betah
tinggal di asrama. Namun kenyataannya, banyaknya siswa yang tidak kerasarq
tingginya angka mutasi siswq tingginya perilaku bullying sebagai tolok ukur
rendahnya Interaksi Teman Sebaya, rendahnya Persepsi Kultur Sekolah serta
perilaku religius yang rendah pula. Jika itu dibiarkan, maka akan membawa
dampak yang kurang menguntungkan bagi siswa dan lembaga tersebut di masa
yang akan datang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh Koping
Religius, Interaksi reman sebaya dan Persepsi Kultur sekolah terhadap
Kesejahteraan Psikologis siswa di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah
Yoguakarta. Baik pengaruh kausal langsungo kausal tidak langsung, kausal total,
maupun kausal simultan. Subyek adalah 72 siswa Madrasah tersebut yang terdiri
dari 2a siswa kelas I& 19 siswa kelas & 17 siswa kelas XI, dan 16 siswa kelas
XII. Madrasah tersebut merupakan lembaga pendidikan kader 6 tahun yang setara
dengan pondok pesantren. Karakteristik lain adalah seluruh subyek berjenis
kelamin laki-laki. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan empat buah
skala yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya yaitu skala Koping Religius,
Interaksi Teman Sebay4 Persepsi Kultur Sekolah dan Kesejahteraan Psikologis.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur yang menguji
proposisi hipotetik (model) jalur dari hubungan kausal antara keempat variabel
tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Koping Religius,
Interaksi Teman Sebaya dan Persepsi Kultur Sekolah terhadap Kesejahteraan
Psikologis baik pengaruh kausal langsung, kausal tidak langsung, kausal total,
maupun kausal simultan. Pengaruh kausal total dari yang paling kuat hingga yang
paling lemah masing-masing adalah Interaksi Teman sebaya = 43.5yo, Koping
Religius : l3.8Yo dan Persepsi Kultur sekolah : l2.5yo. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa Koping Religius, tnteraksi Teman Sebaya dan Persepsi Kultur
Sekolah secara simultan berpengaruh terhadap Kesejahteraan Psikologis siswa di
Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebesar 702o.
Kata kunci : Koping Religius, Interaksi Teman sebay4 persepsi Kultur sekolatu
Kesejahteraan Psikologis, Siswq Madrasah

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KOPING RELIGIUS INTERAKSI TEMAN SEBAYA PERSEPSI KULTUR SEKOLAH KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA MADRASAH
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:11
Last Modified: 22 Jun 2022 02:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item
View Item