OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIAPADA LEMBAGA ZISWAF DALAM PENGUMPULAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT SERTA PENGELOLAAN WAKAF

SAKINAH (2014) OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIAPADA LEMBAGA ZISWAF DALAM PENGUMPULAN DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT SERTA PENGELOLAAN WAKAF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (64kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana optimalisasi SDM Laziswaf Tazakka dalam memberdayakan ziswaf serta bagaimana mekanisme pengumpulan dan pendistribusian dana ziswaf dan apa dampak pendekatan Laziswaf Tazakka dalam memaksimalkan SDM terhadap pengumpulan dan pendistribusian ziswaf .
Penelitian ini adalah penelitian lapangan, peneliti menggunakan analisa kualitatif. Untuk mengumpulakan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian dari data-data tersebut dianalisa dengan cara deduktif dan induktif kemudian dilanjutkan dengan metode deskripsi analisis isi. Peneliti menggunakan metode ini untuk menganalisa dan mengambil kesimpulan mengenai pelaksanaan optimalisasi SDM Laziswaf Tazakka dalam mengumpulkan dan mendistribusikan dana ziswaf.
Hasil penelitian ini menunjukan; Pertama, optimalisasi SDM Laziswaf Tazakka bisa dibilang sudah berjalan baik, tetapi masih belum mencapai standar optimal sesuai UU No. 23 tahun 2011. Kedua, mekanisme pengumpulan dan pendistribusian ziswaf sudah berjalan baik, tetapi masih belum optimal dikarenakan lokasinya yang kurang strategis. Ketiga, dampaknya bagi masyarakat yang sudah mengenal tazakka yaitu tumbuhnya trust yang sangat besar terhadap optimalisasi SDM Laziswaf Tazakka. Akan tetapi masih menjadi tantangan bagi tazakka bagi masyarakat yang belum mengenal tazakka. Sampai saat ini Laziswaf Tazakka secara resmi berdiri dibawah naungan yayasan tazakka.

Kata Kunci: Optimalisasi SDM LaziswafTazakka

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OPTIMALISASI SDM LAZISWAF TAZAKKA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:09
Last Modified: 22 Jun 2022 02:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item
View Item