IKA WARDHANI KARUNIA (2014) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DENGAN DINAMIKA DISKUSI TUTORIAL PBL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Naskah Publikasi.pdf
Download (165kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (620kB)
Abstract
Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning, disingkat
PBL) adalah pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar bagi siswa
untuk belajar. Problem Based Learning dibangun atas 4 prinsip pembelajaran
modern yaitu pembelajaran konstruktif, mandiri, kolaboratif dan kontekstual yang
dalam penerapannya diterapkan pada kelompok diskusi tutorial dan
keberhasilannya dipengaruhi oleh kualitas kasus, tutor dan mahasiswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja tutor dengan dinamika diskusi
tutorial PBL mahasiswa program studi pendidikan dokter UMY.
Desain penelitian ini adalah cross sectional analytic. Populasi yang
digunakan adalah tutor tetap pendidikan dokter FKIK UMY berjumlah 46 orang.
Teknik pengumpulan sampel menggunakan total sampling, sebanyak 11 tutor
tidak diikutsertakan karena tidak memenuhi kriteria. Data yang digunakan berupa
data sekunder dari kuesioner kinerja tutor dan nilai rerata harian mahasiswa yang
didapatkan dari Administrasi Tutorial FKIK UMY. Selanjutnya data kinerja tutor
dan nilai rerata harian mahasiswa dihubungkan dengan menggunakan correlation
analytic.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara kinerja tutor
dengan dinamika diskusi tutorial PBL (p=0.031) dengan kekuatan hubungan yang
lemah (r=0.366).
Kesimpulan hasil dari penelitian ini bahwa kinerja tutor berhubungan
dengan dinamika diskusi tutorial mahasiswa program studi pendidikan dokter
UMY.
Kata Kunci: Problem-based learning, kinerja tutor, dinamika diskusi tutorial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROBLEM - BASED LEARNING KINERJA TUTOR DINAMIKA DISKUSI TUTORIAL |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 02:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14675 |