HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN KOMPLIKASI NEOROPATI DIABETES PADA DIADETISI TIPE 2.

RETNO AMBAR RUKMI (2014) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEJADIAN KOMPLIKASI NEOROPATI DIABETES PADA DIADETISI TIPE 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik karena kelainan pada sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya. Peran dan pengetahuan keluarga dalam pencegahan komplikasi Diabetes Melitus dilatar belakangi oleh tiga faktor pokok yaitu faktor prediposisi, faktor pendukung dan faktor pendorong. Faktor predisposisi meliputi pengetahuan, kepercayaan, nilai, tradisi keluarga, faktor pendukung meliputi ketersediaan sumber fasilitas, faktor pendorong meliputi sikap, perilaku petugas kesehatan, anggota keluarga dan teman dekat. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan keluarga yang baik untuk mencegah terjadinya komplikasi DM.
Penelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan pendektan cross- sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien DM tipe 2 yang usianya lebih dari 40 tahun yang periksa di Poliklinik Penyakit Dalam RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling dengan jumlah sampel yaitu 30 responden yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara untuk menilai dukungan keluarga pada diabetesi.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan analisa statistic fisher’s exact test untuk mengetahui analisis bivariat. Hasil perhitungan didapatkan hasil p=0,193, dimana nilai p > 0,05, Penelitian ini menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kejadian neuropati diabetes pada diabetisi tipe 2.
Kata kunci : diabetes tipe 2, neuropati diabetes, dukungan keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DIABETES TIPE 2 NEUROPATI DIABETES DUKUNGAN KELUARGA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:57
Last Modified: 23 Jun 2022 02:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item
View Item