DETERMINAN PENERAPAN PEMBERIAN OBAT OLEH PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKRTA

ANINDITA NURINASARI (2014) DETERMINAN PENERAPAN PEMBERIAN OBAT OLEH PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKRTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (399kB)

Abstract

Kesalahan dalam pemberian obat oleh perawat sering terjadi, kesalahan pemberian obat dimulai saat peresepan hingga pengiriman obat untuk diberikan kepada pasien. Saat memberikan obat pada pasien perawat perlu memperhatikan aspek benar meliputi: benar obat, benar dosis, benar cara/rute, benar pasien dan benar dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan metode analisis observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling yaitu mengambil responden sebagai sampel pada waktu peneliti melakukan penelitian. Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner data demografi dan checklist pemberian obat di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Uji statistik menggunakan uji chi square dengan uji alternative fisher exact. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penerapan pemberian obat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing responden melakukan pemberian obat masih kurang sesuai dengan checklist Standar Operasional Prosedur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebanyak 37 responden (80,4%). Hasil dari karakteristik perawat berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan dan masa kerja dengan pemberian obat menunjukkan tidak ada hubungan dikarenakan (p>0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *316 PEMBERIAN OBAT AKESELAMATAN PASIEN NURSE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:57
Last Modified: 21 Jun 2022 07:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item
View Item