PENGARUH MUSIK TRADISIONAL JAWA UYONN-UYON TERHADAP TINGKAT KECEMASAN LANSIA

FATMA MAULIDA ABIYA (2013) PENGARUH MUSIK TRADISIONAL JAWA UYONN-UYON TERHADAP TINGKAT KECEMASAN LANSIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Indonesia mengalami peningkatan jumlah lansia setiap tahunnya. Gangguan emosional yang sering terjadi pada orang dewasa salah satunya adalah kecemasan. Pasien yang mengalami gangguan cemas masih memiliki tilikan yang baik. Salah satu terapi kecemasan adalah relaksasi dengan musik. Musik tradisional jawa uyon-uyon merupakan musik bertempo lambat dan tenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara musik tradisional Jawa uyon-uyon dengan tingkat kecemasan pada lansia.
Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan racangan pre test - post test control group design. Populasi yang digunakan adalah semua lansia dalam PSTW Budi Luhur, Kasihan, Bantul. Sampel yang diambil berjumlah 50 orang dengan teknik purposive sampling.
Hasil analisis menunjukkan penurunan tingkat kecemasan pada kelompok eksperimen yang signifikan yaitu p=0,000 (p0,05). Selisih pada kelompok eksperimen adalah 2,24 dan pada kelompok kontrol adalah 0,16.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa musik tradisional jawa uyon-uyon dapat menurunkan tingkat kecemasan lansia.
Kata kunci : Kecemasan, Terapi, Musik, Uyon-Uyon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KECEMASAN TERAPI MUSIK UYON-UYON
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:56
Last Modified: 22 Jun 2022 01:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item
View Item