PENGARAH PENGGUNAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KESETABILAN GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS

ARIFIANA KHUSNUL HIDAYATI (2013) PENGARAH PENGGUNAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT DAN KESETABILAN GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Kepatuhan pasien diabetes melitus dalam mengontrol glukosa darah dengan meminum obat tepat waktu adalah tindakan yang sangat penting. SMS digunakan sebagai media yang mudah dan murah untuk mengingatkan kepatuhan pasien minum obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan SMS sebagai pengingat minum obat dalam meningkatkan tingkat kepatuhan minum obat serta menjaga kestabilan glukosa darah pada pasien diabetes melitus.
Penelitian menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan pre test-post test kontrol group design. Populasi yang digunakan adalah pasien klub diabetes melitus PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Semua sampel yang digunakan 30 pasien dan diambil secara purposive sampling.
Pada uji statistik terhadap mean pre-test dan post-test persentase kepatuhan minum obat ditunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,000), pada kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,541). Uji analisis terhadap pengukuran Kadar gula darah sewaktu ditunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,0093), pada kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,001).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan SMS sebagai pengingat minum obat efektif untuk meningkatkan kepatuhan minum obat dan menjaga kestabilan glukosa darah pada pasien diabetes melitus
Kata kunci: Diabetes Melitus, Short Message Service (SMS), Kepatuhan Minum Obat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DIABETES MELITUS KEPATUHAN MINUM OBAT SMS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:21
Last Modified: 21 Jun 2022 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item
View Item