GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (PBJS) DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT I

CYNTHIA HARDIVIANTY (2014) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (PBJS) DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT I. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (475kB)

Abstract

Latar belakang. Kepuasan pasien adalah salah satu indikator keberhasilan suatu pelayanan kesehatan yang pada hakikatnya pelayanan yang memuaskan akan berdampak pula pada kesehatan pasien tersebut. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan.Adanya fenomena masyarakat tentang perbedaan pelayanan antara pasien pengguna Askes yang sekarang berubah menjadi BPJS, dan keluhan masyarakat dalam pengurusan BPJS kesehatan yang mengantri dan harus menunggu dengan waktu yang cukup lama. Tujuan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS terhadap pelayanan klinik, pelayanan keperawatan, dan pelayanan medis. Metode.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Sampel sebanyak 65 responden dari bangsal Multazam sebanyak 34 responden dan bangsal Raudhah sebanyak 31 responden.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil.Hasil penelitian pada bangsal Multazam dan Raudhah berdasarkan pelayanan klinik menunjukan kategori puas dengan persentase 74,26%, pelayanan keperawatan menunjukan kategori sangat puas dengan persentase 84,77%, dan pelayanan medis menunjukan kategori sangat puas dengan persentase 80,96%. Kesimpulan.Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS berdasarkan pelayanan klinik kategori puas, pelayanan keperawatan kategori sangat puas, dan pelayanan medis kategori sangat puas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *323 TINGKAT KEPUASAN BPJS PELAYANAN KLINIK PELAYAAN KEPERAWATAN PELAYANAN MEDIS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:21
Last Modified: 21 Jun 2022 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item
View Item