FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN KALIMANJUNG AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

NINNDA DWI KURNIASARI (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANSIA DI DUSUN KALIMANJUNG AMBARKETAWANG GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*325 Latar belakang: Lansia dipandang sebagai kelompok masyarakat yang beresiko mengalami masalah kesehatan, meliputi kesehatan fisik maupun kesehatan jiwa. Masalah kesehatan jiwa yang paling sering dialami oleh lansia yaitu depresi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara umur, fungsi kognitif, tingkat pendidikan, jenis kelamin, riwayat penyakit, status perkawinan dan status pekerjaan dengan depresi pada lansia didusun Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah non eksperimental yaitu deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode cross sectional dengan teknik simple random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuisioner. Analisa data menggunakan Spearman Rank.
Hasil: Hasil uji Spearman rank menunjukkan umur (p=0,033), jenis kelamin (p=0,045), status perkawinan (p=0,043), status pekerjaan (p=0,009) dan fungsi kognitif (p=0,039) ada hubungan dengan depresi pada lansia sedangkan tingkat pendidikan (p=0,269) dan riwayat penyakit (p=0,275) tidak ada hubungan dengan depresi pada lansia.
Kesimpulan: Umur, jenis kelamin, status perkawinan, status pekerjaan dan fungsi kognitif ada hubungan dengan depresi pada lansia di dusun Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Kata kunci : Faktor sosial demografi, depresi, lansia

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *325 FAKTOR SOSIAL DEMOGRAFI DEPRESI LANSIA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:03
Last Modified: 22 Jun 2022 02:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item
View Item