PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SIKAT GIGI BULU SOFT DENGAN SIKAT GIGI KHUSUS ORTHODONTIK TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ALAT ORTODONTIK CEKAT

KURNIA PROBO WATI (2014) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS SIKAT GIGI BULU SOFT DENGAN SIKAT GIGI KHUSUS ORTHODONTIK TERHADAP PENURUNAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ALAT ORTODONTIK CEKAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Fixed orthodontic memiliki bentuk yang rumit sehingga mempermudah melekatnya plak lebih lama dan dapat meningkatkan resiko karies, gingivitis, dan kemungkinan terjadi penyakit periodontal. Metode yang paling aman dalam mengontrol plak adalah dengan menyikat gigi. Derajat kekerasan bulu sikat merupakan suatu faktor yang berhubungan dengan efek pembersihan gigi. Pemakai alat ortodontik cekat dianjurkan untuk memakai sikat gigi desain khusus untuk membantu penyingkiran plak pada bracket.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas sikat gigi khusus ortodontik dengan sikat bulu soft terhadap penurunan indeks plak pada pengguna alat ortodontik cekat.
Penelitian termasuk dalam jenis penelitian eksperimental klinis dengan desain cross over pre and post test desain. Subyek peneliti sejumlah 10 orang yang diberi 2 perlakuan, yang pertama dengan sikat gigi khusus orodontik sedangkan yang kedua dengan sikat gigi bulu soft. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data yang berskala numerik sehingga analisa data dari penelitian ini menggunakan paired t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan indeks plak sebelum dan sesudah pemakaian sikat gigi bulu soft pada pengguna alat orthodontik cekat, ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 22,631 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05); (2) Ada perbedaan indeks plak sebelum dan sesudah pemakaian sikat gigi khusus orthodontik pada pengguna alat orthodontik cekat, ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 12,397 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05); dan (3) Ada perbedaan penurunan indeks plak di antara pemakaian sikat gigi bulu soft dengan sikat gigi khusus orthodontik pada pengguna alat ortodontik cekat, ditunjukkan oleh hasil uji independent t-test nilai t hitung -2,229 dengan signifikansi 0,039 (p < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan sikat gigi bulu soft memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan sikat gigi khusus orthodontic terhadap penurunan indeks plak pada pengguna alat orthodontik cekat.

Kata kunci: Alat orthodontic cekat, indeks plak, sikat gigi bulu soft, sikat gigi
khusus orthodontik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ALAT ORTHODONTIK CEKAT INDEKS PLAK SIKAT GIGI BULU SOFT SIKAT GIGI KHUSUS ORTHODONTIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:03
Last Modified: 22 Jun 2022 02:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item
View Item