PENGARUH PENAYANGAN AUDIVISUAL TENTANG NILAI-NILAI MULIA CALAN KADEVER TERHADAP PERSEPSI, SIKAP, DAN PERILAKU MAHASISWA PADA KADAVER

KHALIFA RAHMANI (2014) PENGARUH PENAYANGAN AUDIVISUAL TENTANG NILAI-NILAI MULIA CALAN KADEVER TERHADAP PERSEPSI, SIKAP, DAN PERILAKU MAHASISWA PADA KADAVER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adanya peristiwa pendonoran kadaver di FKIK UMY mendasari upaya integrasi nilai-nilai mulia dalam proses pendidikan ilmu kedokteran yang selama ini belum berjalan maksimal, terutama pada kegiatan praktikum anatomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penayangan audiovisual tentang nilai-nilai mulia calon kadaver terhadap perubahan positif persepsi, sikap, dan perilaku mahasiswa pada kadaver. Desain penelitian ini adalah quasi ekperimental dengan pre-test – post-test control group design. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter UMY angkatan 2013 yang masuk kriteria inklusi. Subyek penelitian dibagi menjadi 3 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji analisis Wilcoxon dan Kruskal Wallis. Hasil analisis uji statistic Wilcoxon yang membandingan pretest dan posttest persepsi mahasiswa terhadap kadaver menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna dengan P=0,159 pada perlakuan I, P=0,712 pada perlakuan II, P=0,073 pada perlakuan III, dan P=0,931 pada perlakuan kontrol. Begitu pula hasil pada variabel sikap mahasiswa terhadap kadaver menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna dengan P=0,205 pada perlakuan I, P=0,061 pada perlakuan II, P=0,973 pada perlakuan III, dan P=0,786 pada perlakuan kontrol. Hasil pada variabel perilaku mahasiswa terhadap kadaver juga menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna dengan P=0,626 pada perlakuan I, P=0,109 pada perlakuan II, P=0,861 pada perlakuan III, dan 0,687 pada perlakuan kontrol. Maka, disimpulkan bahwa penayangan audiovisual tentang nilai-nilai mulia calon kadaver tidak berpengaruh secara bermakna pada perubahan positif persepsi, sikap, dan perilaku mahasiswa terhadap kadaver.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KADAVER NILAI-NILAI MULIA CALON KADAVER
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:28
Last Modified: 23 Jun 2022 02:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14795

Actions (login required)

View Item
View Item