GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

KHOLIFAH NUR ANNISA (2014) GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

*302 Kecemasan didalam sebuah keluarga khususnya keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang dirawat di rumah sakit merupakan salah satu bentuk adanya gangguan terpenuhinya kebutuhan emosional individu yang tidak adekuat. Kondisi dari gangguan terpenuhinya kebutuhan tersebut tentu akan membawa dampak yang buruk terhadap perubahan suasana atau perasaan yang dialami oleh sebuah keluarga yang memiliki anggota keluarga yang mendapat perawatan di sebuah rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptif non experimental dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Jumlah responden adalah 68 orang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisa data menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga pasien di IGD paling banyak tidak mengalami cemas (60.3%), dan sisanya mengalami cemas ringan (39.7%).
Penelitian ini menggambarkan bahwa keluarga pasien di IGD kebanyakan tidak mengalami cemas. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitiannya pada shif sore karena jumlah respondennya lebih banyak dan juga bisa melakukan penelitian tingkat kecemasan keluarga pasien di IGD berdasarkan faktor-faktor lain seperti lamanya tindakan yang diberikan tim medis di IGD.
Kata kunci: Instalasi Gawat Darurat, Kecemasan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *302 INSTALASI GAWAT DARURAT - KECEMASAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:12
Last Modified: 21 Jun 2022 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item
View Item