ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN BARIS DAN IKLAN KOLOM DI SURAT KABAR HARIAN LOMBOK POST PERIODE JUNI-JULI 2019

Khairil Azwar (2020) ANALISIS ISI PELANGGARAN ETIKA PARIWARA INDONESIA DALAM IKLAN BARIS DAN IKLAN KOLOM DI SURAT KABAR HARIAN LOMBOK POST PERIODE JUNI-JULI 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam hal memenuhi kebutuhan manusia yang banyak dan komplek, para pelaku
usaha menciptakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh manusia saat ini. Berbagai cara dan strategi dilakukan untuk mengikat konsumen. Salah satunya
yaitu penjualan melalui iklan. Akan tetapi banyak pelaku usaha dalam
memasarkan dan mengiklankan sebuah produk tidak mengikuti kode etik
periklanan. Kenyataan bahwa bahasa simbol dalam iklan seringkali dilebihlebihkan. Di Indonesia pengawasan iklan ditetapkan dalam Etika Pariwara
Indonesia (EPI) dan menjadi induk dalam standar etika periklanan. Penelitian ini
bertujuan untuk menemukan banyaknya pelanggaran EPI pada iklan baris dan
iklan kolom di Surat Kabar Harian (SKH) Lombok Post periode Juni - Juli 2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan
menggunakan Formula Holsty. Hasil penelitian ini menunjukkan pelanggaran EPI
yang ditemukan pada SKH Lombok Post periode Juni - Juli 2019 sebanyak 41

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:37
Last Modified: 30 Oct 2021 06:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item
View Item