ANALISIS PRESTASI KERJA PEGAWAI DALAM MENDUKUNG PROMOSI JABATAN.

ASRI DIANA (2014) ANALISIS PRESTASI KERJA PEGAWAI DALAM MENDUKUNG PROMOSI JABATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penilaian kerja pegawai sangat diperlukan untuk melihat perkembangan pegawai dalam melaksanakan tugas, salah satu penilaian yakni dengan menilai prestasi kerja pegawai. Pegawai yang dinilai berprestasi maka memiliki peluang untuk promosi jabatan sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap pegawai yang berprestasi, dan penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil berbeda dengan pergawai swasta atau karyawan pada perusahaan, karena penilaian hasil kerja pegawai negeri sipil menggunakan daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3). Promosi jabatan hanya dilakukan ketika adanya lowongan jabatan atau jabatan yang kosong untuk mencegah vakumnya roda organisasi, dan untuk mengisi sebuah jabatan yang lebih tinggi diperlukan seleksi terhadap pegawai-pegawai yang memiliki prestasi kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kejadian yang sebernarnya. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pegawai di Dishubkominfo DIY. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan (wawancara). Setelah mendapatkan semua data, penulis akan mengedit data tersebut terlebih dahulu, kemudian baru diinterpretasikan untuk dianalisis lebih lanjut.
Bedasarkan hasil penelitian, secara umum penulis dapat menyatakan pelaksanaan penilaian prestasi kerja dalam mendukung promosi jabatan sudah sangat baik, dengan adanya inovasi-inovasi teknologi yang mendukung seperti proses penilaian kedisplinan dan kejujuran melalui finger print juga sudah diimplementasikan, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang ahrus diperbaiki oleh pihak penilai agar penilaian prestasi kerja pegawai guna mendukung promosi jabatan dapat terlaksanakan secara obyektif. faktor-faktor yang mendukung pegawai di Dishubkominfo DIY melakukan promosi jabatan yaitu; (i) ketersediaan sumber daya manusia, (ii) adanya formasi atau jabatan yang kosong, (iii) adanya seleksi terbuka, (iv) dukungan dari pimpinan.
Terakhir, bedasarkan hasil dari apa yang penulis temukan, penulis ingin menyampaikan beberapa saran, yaitu; (i) perlu adanya seleksi secara terbuka agar pegawai bisa berpartisipasi, (ii) untuk meningkatkan kualitas pegawai maka pegawai diharapkan menempuh pendidikan lebih lanjut yakni S3 karena belum ada satu pun pegawai di Dishubkominfo yang menempuh S3, (iii) kualitas pegawai Dishubkominfo DIY harus lebih ditingkatkan dengan adanya pelatihan eksternal maupun internal, (iv) untuk menilai tingkat kejujuran pegawai berdasarkan psiskis pegawai maka disarankan agar adanya psikotest untuk menilai seberapa tingkat kejujuran pegawai dari segi psikologis pegawai, (v) pada tahun selanjutnya yakni 2014 penilaian yang sebelumnya menggunakan DP3 dan diganti dengan sasaran kerja pegawai (SKP) diharapkan dapat menigkatkan mutu pegawai dan prestasi kerja pegawai di Dishubkominfo DIY lebih meningkatkan dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *86 PRESTASI KARJA - PROMOSI JABATAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:10
Last Modified: 23 Jun 2022 02:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14838

Actions (login required)

View Item
View Item