YOGI PRAYETNA (2014) PERSEPSI PEMILIH PEMULA TERHADAP PROSES PEMILU LEGISLATIF 2014. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (907kB)
Abstract
Dari hasil akumulasi data, didapatkan hasil bahwa persepsi pemilih pemula terhadap proses pemilu legislatif 2014 masuk dalam kategori sedang. Persepsi pemilih pemula terhadap proses pemberian suara pada Pemilu Legislatif 2014 masuk dalam kategori tinggi. Hal ini sangat wajar, karena para pemilih pemula khususnya siswa SMA yang menjadi responden telah mengetahui akan pentingnya berpartisipasi dalam Pemilu. Pemilih pemula akan memberikan suaranya pada Pemilu Legislatif 2014 dan mereka tidak setuju dengan adanya tindakan golput. Sedangkan persepsi pemilih pemula terhadap proses Pemilu Legislatif 2014 masuk dalam kategori sedang karena pemilih pemula masih belum mendapatkan pendidikan politik yang cukup dan peran KPUD dalam sosialisasi kepada pemilih pemula masih kurang, sehingga pemilih pemula kurang mendapatkan informasi yang cukup mengenai Pemilu Legislatif 2014. Dan persepsi pemilih pemula terhadap peserta Pemilu Legislatif 2014 masuk dalam kategori sedang. Hal ini juga disebabkan karena kurangnya sosialisasi yang diberikan kepada pemilih pemula. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi pemilih pemula terhadap proses Pemilu Legislatif 2014 masuk dalam kategori sedang. Pemilih pemula sudah memiliki rasa semangat dan telah sadar akan pentingnya untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu Legislatif 2014. Adapun saran yang diberikan adalah KPUD seharusnya melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, pemilih pemula diharapkan lebih aktif dalam mencari informasi tentang Pemilu Legislatif dan seharusnya partai politik memberikan pendidikan politik terhadap pemilih pemula
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *85 PEMILIH PEMULA - PROSES PEMILU LEGISLATIF |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14839 |