Tia Yulia Harti (2020) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA NUSA TENGGARA BARAT (NTB) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (2019) MELALUI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA PASCA GEMPA LOMBOK 2018. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai proses strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat tahun 2019 khusunya promosi yang dilakukan pasca gempa lombok 2018 dengan menggunakan satu daerah tujuan wisata yang memiliki banyak keistimewaan yaitu KEK Mandalika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promsi yang dilakukan oleh dinas pariwisata NTB pasca gempa, mengetahui pelaksanaan program promosi dinas pariwisata serta melihat kekurangan dan kelebihan promosi guna meningkatkan jumlah wisatawan tahun 2019
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Langkah-langkah yang ditempuh dalam mengumpulkan data adalah melalui wawancara, observasi serta pengumpulan dokumentasi. Lokasi penelitian yaitu kantor dinas pariwisata NTB yang terlean di kota mataram dan daerah tujuan wisata KEK Mandalika yang berada di Lombok Tengah. Langkah-langkah analisa data dilakukan dengan cara yaitu data dikumpulkan melalui proses wawancara dengan bidang pemasaran dinas pariwisata NTB yaitu dengan kepala bidang pemasaran dan tekhnisi marketing, selain itu data juga dilengkapi malalui dokumen yang relevan, kemudian melakukan proses reduksi hasil wawancara, dan yang terakhir penyajian data hasil penelitian yang tersaji dalam bentuk hasil penelitian dan pembahasan atau analisis hasil penelitian.
Kesimpulan adalah bahwa kegiatan promosi pariwisawa dinas pariwisata pacsa gempa tahun 2018 untuk meningkatkan jumlah wisatawan tahun 2019 berjalan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan diawal, pengambilan keputusan untuk lebih memperhatikan kualitas daripada kuantiatas dalam bidang pariwisata menjadi hal yang sangat baik untuk menjadikan DTW menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, meskipun dalam proses pelaksanaan dihadapkan pada sejumlah faktor penghambat.
Dosen Pembimbing: | Aswad Ishak, S.IP., M.Si | NIDN0530107601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:42 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |